Aplikasi Pembelajaran dengan Mobile Learning Berbasis Android pada Mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan STIKes Karsa Husada Garut yang Melaksanakan PBL Mata Kuliah Entrepreneurship di Kabupaten Garut

LEARNING APPLICATION WITH ANDROID BASED MOBILE LEARNING FOR D3 STUDENTS IN NURSING PROGRAM OF KARSA HUSADA GARUT STIKES THAT IMPLEMENTING ENTREPRENEURSHIP COURSE PBL IN GARUT DISTRICT

  • Andhika Lungguh Perceka STIKes Karsa Husada Garut
  • Anry Sutrisno

Abstract

Pengembangan aplikasi pembelajaran entrepreuneurship ini didasarkan pada   perkembangan teknologi yang sangat pesat, khususnya dalam bidang alat telekomunikasi.  Berbagai  alat  komunikasi  canggih  yaitu  smartphone  mulai banyak ditawarkan dengan tujuan untuk menunjang kebutuhan kita. Smartphone berbasis android sangat populer hingga merambah kalangan pelajar. Selain itu dalam kenyataan media pembejaran untuk Entrepreuneurship sangat minim sekali. Untuk itu perlu pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk menjawab tantangan zaman globalisasi yang lebih mengedepankan teknologi informasi yang serba praktis dan menyenangkan. Tujuan  penelitian  ini  adalah  mengetahui efektifitas dan menarik atau tidaknya aplikasi pembelajaran mata kuliah entrepreunership dan memaparkan proses  pengembangan  terhadap hasil belajar mata kuliah entreperenuership tingkat 3 prodi D3 Keperawatan STIKes Karsa Husada Garut. Teknik pengembangan dalam studi telaahan dan pengembangan dengan teknik  pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu 1) penelitian  dan  pengumpulan  data,  2)  perencanaan,  3)  pengembangan  format produl awal, 4) validasi pakar, 5) revisi produk I, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk II, dan 8) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah dosen,STIKes kasa Husada Garut dan mahasiswa tingkat 3 Prodi D3 keperawatan dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen uji kelayakan, angket, petunjuk tanyajawab dan lembar pengamatan. Hasil studi telaahan pengembangan aplikasi pembelajaran entrepreuneurship terdapat perbedaan subtansial hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi entrepreuneurship yang ditunjukan dengan analisis data prestest dan posttest dengan taraf kebenaran 0,95 diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Dari studi telaahan ini, pertama telah menjelaskan dengan jelas proses pengembangan media dengan rinci, kedua aplikasi pembelajaran entrepreunership telah diuji oleh para pakar materi, pembelajaran media dan mahasiswa dengan intstrumen uji kelayakan berupa angket didapatkan tanggapan pakar materi 86%, pakar pembelajaran 85%, pakar media 78% dan mahasiswa 84%. Sehingga aplikasi pembelajaran entrepreunership terlihat bagus dan praktis.

References

Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta, Jakarta.

Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio.

Atoilah, R. R. R. E. M., & Perceka, A. L. (2015). “Hubungan Paparan Media Cetak Dan Elektronik Dengan Tingkat Pengetahuan Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas Tarogong”,. In Medika Cendekia.

Christon, H. M., Wagiu, E. B., & Palopak, Y. (2018). Perancangan Sistem E-Learning Berbasis Android Dengan Menggunakan Firebase Pada Universitas Advent Indonesia. TeIKa. https://doi.org/10.36342/teika.v8i2.755

Haryanto. (2015). Kajian Konseptual Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.

Ismail, F. (2018). Statistika untuk penelitian pendidikan dan ilmu-ilmu sosial. In Kencana.

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107

Muflih, M., Hamzah, H., & Puniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone Dan Interaksi Sosial Pada Remaja Di Sma Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta . Idea Nursing Journal.

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Perceka, AL.(2018) Success In Bussines Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi, Yayasan Dharma Husada Insani Garut

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Simalango, U., Huda, A., & Dwiyani, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Multimedia Interaktif Mobile Learning. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika.

Solikhah, I. (2015). KKNI Dalam Kurikulum Berbasis Learning Outcomes. Lingua: Journal of Language, Literature and Teaching. https://doi.org/10.30957/lingua.v12i1.68

sutisna, icam. (2020). Statistika penelitian. Universitas Negeri Gorontalo.

Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi. E-Journal “Acta Diurna.”

Wahyuningtyas, D.,& Makmur, R. (2017). E-learning Teori dan Aplikasi. INFORMATIKA.

Published
2020-12-04
How to Cite
Perceka, A., & Sutrisno, A. (2020). Aplikasi Pembelajaran dengan Mobile Learning Berbasis Android pada Mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan STIKes Karsa Husada Garut yang Melaksanakan PBL Mata Kuliah Entrepreneurship di Kabupaten Garut. Jurnal Medika Cendikia, 7(02), 72-86. https://doi.org/10.33482/medika.v7i02.144

Most read articles by the same author(s)