Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLBN-B Kabupaten Garut
Abstract
Parenting is a form of parenting to instill discipline in their children that will ultimately shape the personality and behavior of children .. There are three types of parenting that authoritarian parenting, parenting democratic and permissive parenting. The purpose of this study to describe the parents' parenting on children with special needs (autism, deaf, Tunagrahita). The method used is descriptive with a sample of 96 people by using purposive sampling technique. Questionnaire data collection techniques. Analysis of the data used is univariate. The results, the majority of parents 64 (66.7%) applying the Democratic parenting on children with special needs. It is known that parents with children who suffer from autism than 10 parents most of which apply parenting Democratic as many as six people (60%), parents with children deaf majority of respondents are implementing parenting Democratic as many as 26 people (56%) and almost all of the respondents whose children Tunagrahita implement democratic parenting as many as 32 people (80%). The conclusion of this study is mostly elderly people applying parenting on children with special needs
References
Aprilia Tina Lidyasari,M.pd. Pola Asuh Otoritatif sebagai sarana pembentukan karakter anak dalam setting keluarga”. staff.uny.ac.id/sites/default/files/ penelitian/ApriliaTinaLidyasari,M.PD./artikelPOLAASUH. Diakses tanggal 02 Februari 2016.
Baumrind, D. (2010). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. Journal of Early Adolescent, Vol 11 No 1: 56-95.
Bendi Delphie. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta. Library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5975.
Brooks, J. (2008). The process of parenting. (7th ed). Boston : McGraw-Hill.
Dahlan, Sopiyudin. (2013). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel, Jakarta; Salemba Medika.
Desmita, (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung : PT. Remaja Rodakarya.
Dewi, Erika Untari. (2013). Gambaran Pola Asuh Orang Tua yang Memiliki Anak autis di SLB Negeri Gedangan.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional. (2012). Orang Tua dengan Anak yang Berkebutuhan Khusus. Diakses Tanggal 20 Januari 2016.
Dindasofyan.woordpress.com/2013/pengasuhan-tipe-pola-asuh-orang-tua/
Gunarsa, Singgih, (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Hidayati, Nurul. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. INSAN Vol. 13 NO.01, April 2011.
Hurlock, E.B. 1998. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
______. 2010. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
______. 2010. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. (2006). Exceptional Learners: Introduction to Special Education 13th ed. USA: Pearson.
https://www.researchgate.net/publication/261063457_GHallahan_D_p_kauffman_J_M_pullen_P_C_Exceptional_learners_AN_introduction_13th
Infodatin, Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI 2014. Penyandang Disabilitas Pada Anak.
Kirana, Rizkia Sekar, (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Temper Tantrum Pada Anak Pra Sekolah. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Kosasih, E (2012), Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus, Bandung. Yrama Widya.
Kementerian Kesehatan RI. (2012). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagi Petugas Kesehatan. http://perpustakaan .depkes.go.id:8180/handle/123456789/1438. Diakses Tanggal 20 Januari 2016.
Maizan, Salwa. 2014. Dukungan sosial dan stress pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.
Miranda, Destriyarini. (2013). Strategi coping dan kelelahan emosional (Emotional Exhaustion) pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Rumah Sakit Jiwa daerah Atma Husada Mahakam, Samarinda. eJurnal Psikologi, 2013.
Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jilid Kesatu. Jakarta: LPSP3-Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Notoatmodjo, S. (2013) Metodologi penelitian kesehatan, Jakarta: Rineka cipta.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2013.
Sidik, juzri. (2014). Gambaran dukungan keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Skripsi. Jurusan Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Somantri, Sutjihati. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa”. http://devianggraeni90.wordpress.com/2010/02/17/anak/ Diakses pada 06 Februari 2016.
Santrock, John W. (2014). Life-Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga
Shochib, Mohammad. (2010). Pola Asuh Orangtua untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soetjiningsih, (2014). Tumbuh Kembang anak. EGC : Jakarta.
Tan, Ishak. 2013. Menjadi orang tua special bagi anak special. YPAC Nasional.
Thoha, Chabib. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. www.books.google.co.id/books/about/Kapita_Selekta_Pendidikan_Islam.html?id=KbIAAAACAAJ&redir_esc=y Diakses tanggal 01 Februari 2016.
Utami, Rahayu Budi. (2008). Pengaruh tingkat pendidikan dan tipe pola asuh orang tua terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah di taman kanak-kanak Aisyiyah II Nganjuk. Skripsi. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat.
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.
Wong, Donna L. dkk. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Volume 1. Edisi Keenam. Jakarta: EGC.
www.kamusBahasaIndonesia.org Diakses pada 31 Januari 2016.
Yusuf, LN Syamsu. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosda Karya. www.Libraray.um.ac.id/free-contents/indeks.php/buku/detail/Psikologi-Perkembangan-anak-remaja-Syamsu-Yusuf-39175.html Di akses pada tanggal 01 Februari 2016).
Yusiana, Maria Anita. (2011). Parent’s Care Pattern Toward Level Of Child’s Creativity